Sketchup adalah software untuk membuat atau mengedit desain grafis dengan model 3D, dengan alat-alat (tools) yang sudah disediakan untuk merancang 3D, salah satu tool utamanya adalah push dan pull. SketchUp adalah aplikasi pemodelan 3D intuitif yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit model 2D dan 3D dengan metode "Push and Pull" yang telah dipatenkan. Alat Dorong dan Tarik memungkinkan para perancang untuk mengekstraksi setiap permukaan datar menjadi bentuk 3D. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik objek dan kemudian mulai menariknya sampai Anda menyukai apa yang Anda lihat.
SketchUp adalah program yang digunakan untuk berbagai proyek pemodelan 3D seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap, dan desain video game, untuk menyebutkan beberapa kegunaannya.
Program ini mencakup fungsi tata letak menggambar, perenderan permukaan, dan mendukung plugin pihak ketiga dari Gudang Ekstensi. Aplikasi ini memiliki berbagai aplikasi, termasuk di dunia arsitektur, desain interior, lansekap, dan desain video game. Sketchup juga menemukan kesuksesan dengan orang-orang yang ingin membuat, berbagi, atau mengunduh model 3D untuk digunakan dengan printer 3D.
Penggunaan software sketchup sering dipakai dalam berbagai bidang seperti:
- teknik sipil,
- arsitektur,
- interior,
- pembuatan film,
- pembuatan game,
- atau membuat sebuah rancangan 3D.
Sejarah dan Perkembangan Sketchup
Pada tahun 1999 sejarah awal perkembangan software Sketchup pertama kali dikembangkan oleh perusahaan startup @Last Software dari Boulder, Colorado, yang didirikan oleh Brad Schell dan Joe Esch.
Pada bulan Agustus 2000, Sketchup dirilis kepada publik dengan tagline mereka yaitu “3D untuk semua orang”. Pada tahun ini juga Sketchup pertama kali mendapat penghargaan dari Community Choice Award dalam sebuah tradeshow.
Pada tahun 14 Maret 2006 akhirnya Google mengakuisisi software Sketchup dan perusahaan @Last Software. Dari pihak Google yaitu @work menggunakan software ini untuk mengembangkan plugin untuk Google Earth.
Pada tanggal 9 Januari 2007 Sketchup versi 6 dirilis dengan membawa tools baru, serta versi beta dari google yaitu Google Sketchup Layout. versi Google meliputi alat vektor 2D dan tata letak tools pada halaman untuk memudahkan para penggunanya untuk mendesai projectnya tanpa harus pergi ke program pihak ke-3.
Fitur lain seperti pengguna bisa memperluas daerah kerja agar kursor berada disekitar objek.
Pada tanggal 17 November 2008, Google merilis Sketchup versi 7 dengan membawa integrasi Google 3D warehouse, Layout 2, Komponen dinamis untuk scaling dan peningkaran API ruby. Selain itu Google menghapus dukungan untuk Windows 2000.
Pada tanggal 1 September 2010, Sketchup versi 8 dirilis dengan membawa perbaikan pada Google Maps, Warna, Medan, Foto, Building Maker, dan Thumbnail adegan. Selain itu versi ini mendukung untuk sistem operasi MacOS X Tiger.
Pada tahun 2014, perusahaan Trimbel merilis Sketchup 2015 dengan peningkatan infrastruktur kinerja dan kelebihan-kelebihan Sketchup. dan versi ini bisa dijalankan pada aplikasi 64bit. Selain itu pengembangan lain seperti permodelan dan dokumentasi tools baru.
Selain itu Trimbel juga membuat plug-in untuk SketchUp yaitu Ruby yang membawa fungsi khusus, selain itu Sketchup juga memiliki konsole ruby yaitu sebagai lingkungan yang digunakan untuk percobaan dengan perintah ruby, dan juga mendukung untuk Sketchup sersi gratis.
Hingga saat ini perkembangan dan informasi software Sketchup masih di bawah perusahaan Trimble.
- Select (alat untuk memilih atau memodifikasi objek/model.
- Make Component (alat yang digunakan)
untuk menggabungkan objek satukesatuan) - Paint Bucket yaitu alat untuk menyisipkan warna pada objek.
- Eraser (penghapus)
- Rectangle (membuat objek kotak).
- Line (membuat garis)
- Circle (objek bulat)
- Arc (setegah lingkaran)
- Polygon (bentuk poligon)
- Freehand (bebas menggambar)
- Move (memindahkan)
- Push/Pull (mengubah menjadi 3D)
- Rotate (rotasi)
- Follow Me (mengikuti Objek yang dissuaikan)
- Scale (sekala objek)
- Offset (dupikasli objek garis)
- Tape Measure Tool (mengukur)
- Dimension (alat dimensi objek)
- Protractor (alat ukur kemiringan objek)
- Text Tool : Untuk menyisipkan tulisan.
- Axes : Memindahkan atau reorientasi sumbu menggambar.
- 3D Text (text 3D)
- Orbit (pandangan objek)
- Pan (pandangan objek secara vertikal dan horizontal)
- Zoom (memperbesar dan memperkecil)
- Zoom Extents (memperbesar dan memperkecil satu layar)
- Previous (undo preview)
- Next (redo preview)
- Position kamera (posisi kamera)
- Look Around (posisi kamera dari titik stasioner)
- Walk (bejalan melalui toure model)
- Section Plane (membuat pemotongan pada bagian efek untuk melihat geometri dalam model.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar